Sunday, April 18, 2010

DEFINISI HI

1. Alfred Zimmern
Hubungan Internasional secara fundamental dapat ditransfusi menjadi suatu tatanan dunia yang adil dan merata dan adanya balance antara kepentingan-kepentingan antara individu dan negara serta adanya kemajuan dalam penegakan hukum internasional yang saling menguntungkan dari integrasi teritoial dan kemerdekaan.
2. Ernest Gellner
Hubungan Internasional membahas tentang ilmu-ilmu sosial yang objektif yang merupakan konteks dalam masyarakat internasional.
3. Trygive Mathisen,
Hubungan internasional merupakan suatu bidang spesialisasi yang meliputi aspek-aspek internasional dari berbagai cabang ilmu dan merupakan sejarah baru dari politik internasional.
4. Ishaq Rahman
Hubungan internasional adalah ilmu yang diidentik dengan ilmu hubungan antar negara.
5. Bary Buzan,
International Relations, is the relationships between Individuals and Individuals, between Individual and Groups, between Groups and Groups, between Groups and State, and States and States.
6. Quincy Wrighth,
International Relations, is the relations between groups of mayor importance in the life of the world at any periode of history, and particulary relations among territotially organized nation states which today are of such importance.
7. Charles McClelland,
Hubungan Internasional sebagai sebuah studi mengenai semua bentuk pertukaran, transaksi, arus informasi, srta sebagai respon perilaku yang muncul diantara dan antar masyarakat yang terorganisir secara terpisah, termasuk komponen-komponennya.
8. Sprout and Sprout,
Studi Hubungan Internasional membahas menganai aktor-aktor (Negara/pemerintah, Diplomat, dan Masyarakat), yang bertujuan mencapai maksud-maksud tertentu dengan menggunakan sarana-sarana (Diplomasi/Persuasi, Pemaksaan) yang dikaitkan dengan power atau kapabilitasnya
9. Claus Zewitz,
Hubungan Internasional dapat berupa peperangan yang merupakan lanjutan politik yang menggunakan kekerasan atau tekanan-tekanan yang mempunyai tujuan politik sesuai dengan kepentingan nasional.
10. Jean Bethkelshtdin,
Hubungan Internasional membahas tentang teoi-teori baik domestik maupun internasional dalam suatu negara.
11. Vladimir Lenin,
Hubungan Internasional sebagai organisasi internasional yang membahas tentang hukum-hukum internasional dan kepentingan-kepentingan nasional.
meletakkan dasar-dasar bagi internasionalisme liberal.
12. Susan Strange,
Hubungan Internasional adalah studi mengenai wilayah isu apapun dalam bidang ekonomi-politik internasional yang dinilai dengan pesoalan empiris dalam pencarian akan entitas efektif politik dunia apapun bentuknya dan kekuasaan sebagai concen dasar realisme.
13. Richard Ashley,
Hubungan Internasional mempelajari tentang struktur dan dinamika sistem internasional dengan cara-cara tetentu dalam tatanan internasional.
14. Michael Doyle,
Hubungan Internasional adalah studi hubungan formal/non-formal di mana suatu negara melakukan kontrol efektif terhadap kedaulatan politik negara lain yang merupakan konsekuensi dan kekuatan-kekuatan pada satu atau bagian lain dari sistem internasional dan tergantung pada kemampuan dan kepentingan masyarakat yang terlibat.
15. Benedict Anderson,
Hubungan Internasional membahas tentang kekuatan politik, kepentingan nasional, dan pengakuan internasional dalam batas-batas negara yang ditentukan.
16. Michael Walzer,
Hubungan Internasional menggambarkan upaya ambisius mengenai batasan-batasan etnis oleh setiap negara.
17. Robert Keohane,
Hubungan Internasional membahas tentang tingkah laku negara yang mempengaruhi organisasi internasional setiap negara.
18. Dr. H. Roeslan Abdul Gani,
Hubungan Internasional menekankan seluruh hubungan antar negara di dunia dalam suatu kerangka yang integralistik segala bidang seginya tecakup istilah itu, baik dipengaruhi oleh faktor politik, ekonomi, sosial, budaya maupun militer.
19. Martin Wright,
Hubungan Internasional membahas tentang teori-teori internasional dalam masyarakat internasional.
20. Robert Cox,
Hubungan Internasional membahas tentang fenomena-fenomena globalisasi dalam hubungannya dengan hubungan internasional.
21. Anthony P. Smith,
Hubungan Internasional membahas tentang karateristik-karateristik nasional dan internasional setiap negara.
22. Charles Beits,
Hubungan Internasional adalah hubungan-hubungan antar warga negara dalam batas wilayah territorial suatu negara bedaulat dimana interdependensi merupakan studi hubungan internasional yang bervariasi dan merupakan suatu bidang yang tepat untuk menerapkan etika dalam hubungan internasional yaitu dengan prinsip kesamaan.
23. John Herz,
Hubungan Internasional meupakan suatu konsep yang membahas tentang kebijakan luar negeri yang lebih mementingkan keamanan yang menjadi pusat perhatian semua rakyatnya.
24. Suwardi wiraatmaja,
Hubungan internasional sebagai ilmu sintesa yang menyatukan, menggabungkan dan memadukan berbagai disiplin yang memiliki perhatian terhadap masalah internasional.
25. Jeremy Bantham,
Hubungan internasional adalah ilmu yang merupakan suatu kesatuan disiplin dan memiliki ruang lingkup serta konsep-konsep dasar.
26. Raymond Aron,
Hubungan internasional dalam beberapa hal adalah suatu perjuangan setiap negara untuk memperoleh kekuasaan sehingga dinyatakan bahwa konsep kekuasaan itu terlalu samar untuk dijadikan pendekatan-pendekatan utama dalam memahami hubungan internasional.
27. Trygive Mathisen,
Hubungan internasional merupakan suatu cabang ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri (distinct discipline), atau dengan kata lain merupakan sub-cabang dari ilmu pengetahuan tertentu.
28. Trygive Mathines,
Hubungan internasional merupakan semua aspek internasional dari kehidupan, sosial umat manusia dalam arti semua tingkah laku manusia yang terjadi atau berasal dari suatu negara dapat mempengaruhi tingkah laku manusia dinegara lain.
29. Raymon Aron,
Hubungan internasional adalah hubungan antar unit politik yang masing-masing mengklaim diri berhak menentukan keadilan dan menjadi penengah bagi keputusan untuk berperang atau tidak.
30. Stephen Krenser,
Studi Hubungan internasional mengenai aktivitas timbal balik antar negara yang dalam kajiannya tidak hanya menggunakan pendekatan teoritis dengan memakai dasar ideologis atau personal saja tetapi juga diperlukan bukti yang mendukung usaha pendisiplinan antara konsep kekuatan dan kebenaran dalam studi tersebut.

31. Teuku May Rudi,
Hubungan internasional mencakup berbagai macam hubungan atau interaksi yang melintasi batas-batas wilayah negara dan melibatkan pelaku-pelaku yang berbeda kewarganegaraan.
32. J. H. Wolfe,
Hubungan internasional merupakan studi dari pola-pola tindakan (aksi) dan reaksi diantara negara-negara berdaulat yang diwakili oleh elit-elit yang memerintah mereka.
Robert B. J. Walker,
Hubungan Internasional membahas tentang kondisi dinamis suatu negara baik dalam bidang ideologi, sosial budaya, maupun ekonomi apa, dimana, dan siapa yang bersifat konseptual politik.
33. Loosely,
Pola Hubungan internasional dapat mengimbangi benak aktifitas yang berbeda-beda seperti transaksi bisnis, komunikasi internasional, kontes atletik pariwisata, ilmu pengetahuan, program pertukaran pelajar adn missioner agama.
34. Stanley Hofman,
Hubungan internasional adalah berbagai subyek akademis terutama memperhatikan hubungan politik antar bangsa.
35. Freddy. B. L. Tobing,
Hubungan internasional adalah studi antar negara yang cakupannya lebih dari itu, unit-unit realisnya adalah organisasi-organisasi internacional. MNC, bahkan kelompok teroris juga dikatakan sebagai aktor hubungan internasional. Lebih dari itu, fokus bahasannya dapat pula diarahkan pada faktor-faktor internal negara.
36. K. J. Hoksti,
Hubungan internasional adalah sebuah studi tentang sistem internasional, suatu kumpulan-kumpulan satuan-satuan politik yang merdeka (seperti suku bangsa, negara-negara bangsa, negara-negara kota imperium) yang berinteraksi dengan frekuensi teratur.
37. Jean Bethkelshtdin,
Hubungan Internasional membahas tentang teoi-teori baik domestik maupun internasional dalam suatu negara.
38. Woodrow Wilson,
Hubungan Internasional lebih menekankan pada proyek internasionalisme liberal guna mentransformasi hubungan intenasional sesuai model-model perdamaian, kebebasan dan kemakmuan, memajukan perdagangan lintas batas negara dan saling ketergantungan ekonomi di antara negara untuk mengurangi daya tarik penggunaan kekuatan termasuk penegakan hukum pada organisasi dan praktik yang menimbulkan dilema keamanan di antara negara-negara.
39. John Ruggie,
Hubungan Internasional adalah membahas tentang studi hubungan internasional mencakup bidang organisasi internasional ke dalam orientasi ideologis maupun politik setiap bangsa.
40. Ernst Haas,
Hubungan Internasional adalah konsep yang membahas tentang kadaulatan suatu negara yang masing-masing wilayahnya berbeda dalam kerjasama internasional.
41. Raymond Aroon,
Hubungan Internasional adalah suatu hubungan yang membahas tentang hubungan domestik dan hubungan internasional antar negara yang satu dengan negara lain secara diplomasi.
42. Stephen Krasner,
Hubungan Internasional adalah membahas pada ideologi sosial yang memberikan suatu model penelitian dalam masyarakat internasional.
43. David Held,
Hubungan Internasional membahas dan lebih memfokuskan pada suatu era globalisasi dalam hubungan internasional.
44. J. Frankel,
Hubungan Internasional merupakan hubungan antar bangsa sistem dan masyarakat internasional menunjukkan unit-unit yang banyak terpisah-pisah dalam hal tetentu tetapi dalam hal lain merupakan hasil saling mempengaruhi dari kekuatan yang bersatu maupun berpisah.
45. Anthony Giddens,
Hubungan Internasional membahas tentang pemahaman sifat dasar suatu negara dalam dunia internasional.
46. Norman Angell,
Hubungan Internasional adalah hubungan timbal balik antar interdependensi ekonomi lintas batas-batas territorial dan kekuasaan pemerintah dalam mengontrol apa yang tejadi dalam batas tersebut dan adanya sifat dasar dalam lingkup interdependensi politik dalam
47. Robert Strausz- Hupe & Stefan T. Possony,
Studi Hubungan Internasional mempelajari hubungan timbal-balik antar Negara, serta mengkaji tindakan anggota suatu masyarakat yang berhubungan dengan, atau ditujukan kepada Masyarakat Negara lain.
48. J.C Johari,
Hubungan Internasional merupakan sebuah studi tentang Interaksi yang berlangsung diantara Negara-Negara berdaulat. Disamping itu, Studi Hubungan Internasional juga studi tentang pelaku-pelaku non-negara (non-state actors) yang perilakunya memiliki impact terhadap tugas-tugas negara-bangsa.
49. John Houston,
Hubungan Internasional merupakan sebuah studi yang membahas tentang interaksi diantara anggota-anggota dalam komunitas Internasional, atau mengenai tingkah laku aktor-aktor yang beroperasi dalam system politik internasional.
50. Harold Nicholson,
Hubungan Internasional adalah perundingan atau negosiasi yang disertai dengan proses dan mekanisme yang ada di dalamnya seperti penyelenggaraan internasional dan sebagainya dimana masing-masing negara berusaha untuk membuat negaa lain menerima jalan pemikirannya.
51. Richard Rosecrance,
Hubungan Internasional lebih membahas pada kekuatan-kekuatan militer untuk ekspansi teritorial sebagai kunci suatu prestigeint.
52. George Kenan,
Hubungan internasional adalah suatu kajian yang berkomitmen untuk menciptakan stabilitas internasional, dimana menurutnya hal itu dapat terwujud tergantung pada penciptaan kembali tatanan Multipolar yang telah hancur dalam perang dunia.
53. Drs. R. Soeprapto,
Hubungan internasional adalah studi yang orientasinya bersifat efektif (orientasi pasca perilaku) yang sering mengkombinasikan unsur-unsur pendekatan ilmiah dengan tujuan yang jelas nilainya seperti mensubsitusi perang dengan metode-metode perdamaian untuk menyelesaikan pertikaian, pengendalian penduduk, perlindungan terhadap lingkungan, pemberantasan penyakit, kemelaratan, dan keterasingan manusia.
54. Budiono Kusumohamidjojo,
Hubungan internasional adalah berbagai rangkaian aksi dan reaksi dari berbagai kelompok baik dalam bentuk negara, bangsa, organisasi,internasional, maupun kelompok perorangan bahkan juga pribadi-pribadi yang berpengaruh.
55. Umar Suryadi Bakri,
Hubungan internasional adalah kumpulan dari cabang-cabang ilmu pengetahuan yang mempunyai perhatian terhadap masalah-masalah internasional.

56. Para Tradisional,
Hubungan internasional serupa dengan diplomasi dan strategi serta kerja sama dan konflik atau secara lebih sederhana hubungan internasional merupakan studi tentang perang dan damai.
57. Nickholas J. Spykman,
Hubungan internasional adalah hubungan antar individu di negara-negara dan bersifat internasional.
58. John Lewis Gaddis,
Hubungan internasional adalah bidang kajian yang bermanfaat bagi negarawan dalam usaha untuk membangun dunia yang lebih baik.
59. Robert Jackson & George Sorensen,
Hubungan internasional merupakan studi tentang sistem negara global dari berbagai macam perspektif ilmiah.
60. Henry Kissinger,
Hubungan internasional adalah studi mengenai aktifitas timbal balik antar negara yang dalam kajiannya tidak hanya sebatas menggunakan pendekatan teoritis dengan memakai dasar ideologis atau personal saja, tetapi juga diperlihatkan bukti yang mendukung usaha pendisplinan antara konsep kekuatan dan kebenaran dalam studi tersebut.
61. Kenneth W. Thomson,
Hubungan internasional adalah studi tentang rivalitas antar bangsa serta kondisi-kondisi dan institusi-institusi yang memperbaiki atau memperburuk rivalitas tersebut.
62. Encyclopedia, Amerika,
Hubungan internasional adalah hubungan antar negara atau antar individu dari negara yang berbeda-beda baik berupa hubungan politik, budaya, ekonomi, maupun pertahanan keamanan.
63. Dr. Hilman Adil Clelland,
Hubungan internasional adalah subjek akademi terutama memperhatikan hubungan politik antar bangsa.
64. Tulus Warsito,
Hubungan internasional adalah studi tentang interaksi dan politik luar negeri dari beberapa negara.
65. Coloumbis dan Wolfe,
Hubungan internacional adalah studi yang sistematis mengenai fenomena-fenomena yang bisa diamati dan mencoba menemukan variabel-variabel dasar untuk menjelaskan perilaku serta mengungkap karakteristik-karakteristik atau tipe-tipe hubungan antara unit-unit sosial.
66. Freddy L. Tobing,
Hubungan internasional adalah suatu studi tentang hubungan yang ada diantara identitas politik yang berdaulat dan anarkis sifatnya.
67. Richard A. Falk,
Hubungan Internasional merupakan pola-pola hubungan antar bangsa dengan prinsip-prinsip legal dengan konstitusional dalam hubungannya dengan hubungan internasional.
68. Karl W. Deutsch,
Hubungan internasional mempelajari tentang dinamika sosial dan integrasi regional dalam lingkup intenasional.
69. Ian Robertson,
Hubungan Internasional adalah pengetahuan dengan metode-metode logis dan sistematis yang mempelajari berbagai aspek dari tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan manusia lain sehingga batas-batas negara menjadi luluh.
70. DG Kausolas,
Hubungan internasional adalah cabang dari ilmu sosial dan pengembangan politik dan interaksi yang disebabkan oleh keduanya.
71. Hans Morgenthau,
Hubungan internasional adalah sebuah wilayah kontinuitas dan keharusan dalam memunculkan dimensi konstekstual pada otonomi politik disamping memunculkan elemen-elemen substantif.
72. John Herz,
Hubungan internasional adalah suatu pemikiran yang memasukkan pertimbangan-pertimbangan implikasi kehidupan politik terutama perubahan unit-unit politik termasuk di dalamnya faktor keamanan dan kekuasaan yang inheren dalam kehidupan manusia.

73. Schawarzeneger,
Hubungan internasional adalah sebagai bagian dari ilmu sosiologi yang khusus mempelajari masyarakat internasional.
74. Mochtar Mashoed,
Hubungan internacional merupakan hubungan yang sangat kompleksitas karena di dalamnya terlibat bangsa-bangsa yang masing-masing berdaulat sehingga memerlukan mekanisme yang lebih rumit daripada hubungan antar kelompok.
75. Hans J. Morgenthau,
Hubungan Internasional adalah studi yang membahas tentang lingkup dan sifat dasar dari bidang studi hubungan internasional dalam masyarakat tertentu.
76. Prof. Fjodorov (Optulmologis Soviet),
Hubungan internasional lahir karena kebutuhan manusia akan perdamaian.
77. Columbis dan Wolfe,
Hubungan internasional adalah bagian dari ilmu yang lebih luas yaitu ilmu yang menitikberatkan pentingnya studi fenomena politik pada tingkat global yang bersifat indisipliner.
78. Andre Gunder Frank,
Hubungan Internasional adalah membahas tentang kebijaksanaan konvensional dan pembangunan yang dilaksanakan dalam suatu masyarakat internasional.
79. Ernest Gellner,
Hubungan Internasional membahas tentang ilmu-ilmu sosial yang objektif yang merupakan konteks dalam masyarakat internasional.
80. Robert B. J. Walker,
Hubungan Internasional membahas tentang kondisi dinamis suatu negara baik dalam bidang ideologi, sosial budaya, maupun ekonomi apa, dimana, dan siapa yang bersifat konseptual politik.
81. Benedict Anderson,
Hubungan Internasional membahas tentang kekuatan politik, kepentingan nasional, dan pengakuan internasional dalam batas-batas negara yang ditentukan.


82. Edward Hallet Carr,
Hubungan Internasional adalah studi hubungan internasional yang sangat dipengaruhi oleh sejumlah gagasan yang merupakan produk dari perimbangan kekuasaan untuk menciptakan perdamaian dengan dasar norma dan prinsip yaitu keyakinan akan adanya harmoni alamiah antar kepentingan dengan rasa aman kolektif.
83. Hedley Bull,
Hubungan Internasional adalah suatu konsep yang membahas tentang tatanan secara umum sebagai pola aktivitas untuk tujuan sosial dasar masyarakat internasional.
84. Edward Hallet Carr,
Hubungan internasional adalah kajian yang sangat dipengaruhi oleh sejumlah gagasan yang merupakan produk pertimbangan kekuasaan tertentu, dimana Inggris memiliki ,peran dominan dalam sejarah perkembangannya.
85. Drs. R. Soeprapto,
Hubungan internasional adalah studi mengenai interaksi antar aktor-aktor atau kesatuan sosial tertentu termasuk segala sesuatu diseputar interaksi tersebut. Interaksi tersebut berlangsung di dalam sistem internasional dimana Negara merupakan aktor utama.
86. Michael Mann,
Hubungan Internasional sebagai historical sociology dalam kaitannya dengan teori kekuatan hubungan antar masyarakat.
87. Raymond Aron,
Hubungan internasional menyangkut konsep-konsep perimbangan kekuatan perjuangan kepentingan nasional, ketertiban dunia, diplomasi, waspada dan lain-lain.
88. Jeremy Bentham,
Hubungan Internasional merupakan disiplin ilmu baru yang merupakan kombinasi dari studi-studi urusan luar negeri dari berbagai negara dengan sejarah internasional. Disiplin ini juga mencakup studi masyarakat interna-sional sebagai keseluruhan dan lembaga-lembaganya.
89. Henry Kissinger,
Hubungan Internasional berlangsung pada suatu wilayah yang kurang memiliki otoritas sentral dalam menangani konflik kepentingan dan nilai antar bangsa di mana setiap negara berjuang untuk mendapatkan kekuasaan.

90. David Zinger,
Hubungan Internasional merupakan kumpulan rumusan yang dapat memberikan penguraian, penjelasan dan ramalan yang berbentuk hipotesis-hipotesis dan dalil-dalil yang dapat diverifikasikan dan diuji mengenai masalah-masalah internasional.
91. John Burton,
Hubungan Internasional merupakan studi yang mendasarkan pengetahuan pada ajaran psikologi, yang memiliki sikap tingkah laku dan reaksi manusia dalam menghadapi masalah-masalah internasional yang muncul di permukaan.
92. Robert Giplin,
Hubungan Internasional adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang ilmu-ilmu ekonomi-politik internasional yang lebih menghadap pada politik keamanan militer yang seimbang.
93. Immanuel Wallerstein,
Hubungan Internasional membahas tentang ekonomi internasional yang memungkinkan setiap negara melakukan perdagangan internasional.
94. Alfred Zimmern,
Hubungan Internasional secara fundamental dapat ditransfusi menjadi suatu tatanan dunia yang adil dan merata dan adanya balance antara kepentingan-kepentingan antara individu dan negara serta adanya kemajuan dalam penegakan hukum internasional yang saling menguntungkan dari integrasi teritoial dan kemerdekaan.
95. Drs. R. Suprapto,
Hubungan internasional adalah hubungan yang beraspek politik maupun non politik sebagai hubungan yang beraspek ekonomi, sosiologi, ideologi, budaya dan militer.
96. George Kenan,
Hubungan Internasional lebih membahas pada prinsip dan tingkah laku dalam masyarakat sosial.
97. Kenneth Waltz,
Hubungan Internasional adalah membahas dan lebih memfokuskan pada suatu era globalisasi dalam hubungan internasional.
98. Anonymus,
Hubungan Internasional adalah suatu ilmu atau science yang mengkaji ten-tang aktivitas aktor formal maupun non-formal yang melintasi batas negara dan melingkupi segala bidang.
99. Anonymous,
Hubungan Internasional adalah studi implementasi globalisasi secara akademik dengan mengenal negara-negara di dunia.
100. Anonymous,
Hubungan Internasional adalah interaksi antar unit-unit state dan non state yang melewati batas negaranya guna melengkapi kebutuhan serta kepentingannya.
101. Zulfikar Dilahwangsa(ini definisi menurut Gue sendiri)
Hubungan Internasional adalah disiplin ilmu yang mempelajari kepentingan-kepentingan tertentu yang kebetulan dalam pemenuhan kepentingan tersebut harus melewati batas suatu negara.

No comments:

Post a Comment